SELECT LANGUAGE

Jumat, 17 Oktober 2014

Kata Ganti


Kata Ganti
Kelompok kata ini dipakai untuk menggantikan benda atau sesuatu yang dibendakan. Kelompok kata ini dapat dibedakan menjadi 6 bentuk, yaitu:
1.   Kata Ganti Orang: ialah jenis kata yang menggantikan nomina. Kata ganti orang dapat dibedakan lagi menjadi beberapa bentuk, yaitu:
1.  Kata ganti orang pertama tunggal, misal: aku, saya.
2.  Kata ganti orang pertama jamak, misal: kami, kita.
3.  Kata ganti orang kedua tunggal, misal: kamu.
4.  Kata ganti orang kedua jamak, misal: kamu, kalian, Anda, kau/engkau.
5.  Kata ganti orang ketiga tunggal, misal: dia, ia.
6.  Kata ganti orang ketiga jamak, misal: mereka, beliau.
2.   Kata Ganti Kepemilikan: ialah kata ganti yang dipakai untuk menyatakan kepemilikan, misal: “buku kamu/bukumu”, “buku aku/bukuku”, “buku dia/bukunya”,dsb.
3.   Kata Ganti Penunjuk: ialah kata ganti yang dipakai untuk menunjuk suatu tempat atau benda yang letaknya dekat ataupun jauh, misal: “di sini”, “di sana”, “ini”, “itu”, dsb.
4.   Kata Ganti Penghubung: ialah kata ganti yang digunakan untuk menghubungkan anak kalimat dan induk kalimat kata yang dipakai yaitu: “yang”, “tempat”,”waktu”.
5.   Kata Ganti Tanya: ialah kata ganti yang dipakai untuk meminta informasi mengenai sesuatu hal, kata Tanya yang dimaksud ialah “apa”, “siapa”, “mana”.
6.   Kata Ganti Tak Tentu: ialah kata ganti yang digunakan untuk menunjukkan atau menggantikan suatu benda atau orang yang jumlahnya tak menentu (banyak), misal: masing-masing, sesuatu, para, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar