SELECT LANGUAGE

Jumat, 20 September 2013

Perawatan dan Penanganan Campak pada Orang Dewasa


Perawatan dan penanganan campak pada orang dewasa lebih bertujuan agar penderita campak merasa nyaman, serta mengobati gejala-gejala campak agar kondisi kesehatan tidak lebih buruk lagi. Kondisi kesehatan yang memburuk akibat campak akan memicu munculnya komplikasi yang lebih berbahaya.
Perawatan dan penanganan campak pada orang dewasa yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan gejala yang muncul sebagai akibat infeksi virus campak (morbili). 10-14 hari setelah infeksi virus, biasanya seseorang akan mengalami peningkatan suhu tubuh, batuk, dan pilek. Pada beberapa penderita, campak juga diawali dengan sakit diare, sakit mata (mata merah dan berair, sensitif terhadap cahaya), kelelehan, nafsu makan berkurang, dan pusing.
Untuk penanganan gejala-gejala tadi, bisa diberikan obat penurun panas seperti asetaminofen atau ibuprofen. Berikan juga obat batuk dan pilek untuk mengurangi batuk dan pilek. Agar penderita campak tidak mengalami dehidrasi akibat diare, berikan obat antidiare. Pusing yang dialami oleh penderita campak dapat diringankan dengan pemberian aspirin atau paracetamol. Selalu amati peningkatan suhu tubuh.
Perawatan yang diberikan adalah istirahat yang cukup. Jangan biarkan penderita melakukan aktivitas yang terlalu berat, dan sebaiknya penderita tetap tinggal di rumah. Selain untuk menjaga kesehatan penderita campak, hal ini juga bertujuan untuk mencegah penularan campak. Sistem pencernaan pada penderita campak terganggu akibat suhu tubuh yang meningkat dan diare yang dialami. Oleh karena itu, berikan makanan yang lunak agar mudah dicerna. Usahakan agar penderita campak mengkonsumsi air minum yang lebih dari biasanya agar ia tidak mengalami dehidrasi.
Untuk iritasi pada mata, dapat dibersihkan dengan kapas yang dibasahi dengan air dingin. Bila mata sensitif terhadap cahaya, letakkan penderita campak pada ruangan yang tidak terlalu terang. Untuk tetap menjaga kebersihan, pasien campak tetap harus mandi. Gunakan air hangat sebagai air mandi pasien campak.
Perawatan dan penanganan campak pada orang dewasa adalah langkah utama dalam pengobatan campak, karena hingga kini belum ada obat campak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar