SELECT LANGUAGE

Jumat, 15 Februari 2013

Cara Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Gondong


Apa Penyebab Penyakit Gondok ?

Penyakit gondok, strauma, merupakan pembengkakan dan benjolan besar yang terjadi pada leher bagian depan yaitu Pada Tenggorokan dan ini bisa terjadi karena kelenjar gondok yang mengalami pertumbuhan yang tidak normal.Biasanya penyakit gondok disebabkan karena kekurangan garam ber-yodium dalam makanan.
Kekurangan yodium pada wanita hamil akan menyebabkan bayi meninggal dunia atau dilahirkan dengan keadaan cacat mental dan/atau tuli, walaupun si ibu tidak menderita penyakit gondok, dalam hal ini biasa disebut dengan isitilah krenitisme.
Kandungan yodium sangat penting bagi perkembangan sel-sel tubuh kita termasuk kesehatan otak. Fungsi yodium sendiri adalah untuk membentuk hormon tyroid yang nantinya akan diserap diusus dan disirkulasikan menuju bermacam-macam kelenjar di tubuh kita. Kelenjar tersebut diantaranya:
  1. Choroid
  2. Ciliary body
  3. Kelenjar Susu
  4. Plasenta
  5. Kelenjar air ludah
  6. Mukosa Lambung
  7. Intenstinum tenue
  8. Kelenjar gondok
Sebagian besar kandungan yodium ini nantinya akan dimanfaatkan pada kelenjar gondok. Jika kadar yodium didalam kelenjar gondok berkurang. Dapat dipastikan seseorang akan mengidap penyakit gondok
Efek kekurangan hormon tyroid juga berpengaruh terhadap perkembangan
  1. Berat otak akan kurang
  2. Terjadinya kelainan jumlah sel pada otak
  3. Besar sel pada cerebellum mengecil
  4. Pembentukan dendrit pada neuron terganggu
  5. Hubungan antar sinapsis pada otak menjadi terhambat
  6. Merusak jaringan telinga
  7. Sintesis Protein diotak, mielinisasi, interkoneksi akan terganggu
Daerah-daerah yang berpotensi sebagai endemic penyakit gondok
  • Dataran tinggi dan pegunungan
  • Daerah dengan tingkat ekonomi yang rendah.
Makanan yang mengandung kandungan yodium
  • Ikan laut
  • Ganggang-ganggangan
  • Sayur-sayuran hijau

Gejala penyakit gondok

  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar ludah
  • Mulut terasa tegang dan nyeri, terutama saat mengunyah dan menelan makanan
  • Selera makan menjadi berkurang
  • Sering merasa mual bahkan sampai terjadi muntah yang berulang kali
  • Suhu badan menjadi tinggi
  • Serigkali merasakan dengungan di telinga

Cara mencegah dan mengobati penyakit gondok

Semua orang yang tinggal di daerah dataran tinggi atau daerah yang banyak penderita penyakit gondok, harus menggunakan garam beryodium. Dengan demikian, penyakit gondok bisa dicegah dan benjolan gondok pada tenggorokan bisa disembuhkan.
Apabila tidak dapat memperoleh garam beryodium, Anda juga bisa menggunakan yodium tincture yaitu larutan yodium dalam alkohol. Cara penggunnaanya masukkan satu tetes larutan tersebut ke dalam segelas air dan minumlah setiap hari. Harap berhati-hati dalam menggunakannya, jika terlalu banyak larutan yodium maka dapat menimbulkan keracunan pada tubuh Anda.
Minumlah hanya satu tetes sehari. Kemudian simpanlah botolnya di tempat yang tidak mudah terjangkau oleh anak-anak. Namun Anda juga harus tetap mengusahakan untuk menggunakan garam beryodium, karena garam beryodium jauh lebih aman untuk dikonsumsi.
Pengobatan tradisional juga bisa dijadikan pilihan untuk mengobati penyakit gondok. Walaupun hasilnya tidak sebagus menggunakan garam beryodium. Salah satu cara tradisional adalah dengan cara memakan kepiting atau makanan laut yang dicampur dengan sedikit ganggang dan garam beryodium, dengan cara tersebut, bisa membantu mengobati si penderita dari sakit gondok.
Catatan:
  1. Jika benjolan gondok sudah lama dan mengeras, segera mintalah pertolongan dari petugas kesehatan atau dokter. Petugas kesehatan akan melakukan pembedahan atau operasi jika memang sangat diperlukan.
  2. Apabila penderita penyakit gondok selalu kelihatan gemetar, gelisah dan matanya menonjol ke luar, maka keadaan ini mungkin merupakan tanda jenis gondok yang berbahaya. Mintalah nasihat dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar