SELECT LANGUAGE

Kamis, 14 Maret 2013

SYMBIAN


A.      Teknologi
SYMBIAN adalah sistem operasi yang tak bebas bergerak yang dikembangkan oleh Symbian Ltd yang dirancang untuk peralatan bergerak seperti mobile.Saat ini Symbian OS telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi MOBILE pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisi hardware ini dimana Symbian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi ini memiliki antarmuka pemrograman aplikasi (Application Programming Interface; API). API mendukung terhadap komunikasi dan tingkah laku yang umum pada hardware yang dapat digunakan oleh objek aplikasi lain. Hal ini dimungkinkan karena API merupakan objek antarmuka yang didefenisikan pada levelaplikasi, yang berisikan prosedur dan fungsi dan juga variabelkernel dimana sebagai penghubung antara software dan hardware. Dengan adanya standar API ini membantu pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi yang dibuatnya agar dapat diinstal pada produk telepon bergerak yang bermacam-macam. serta struktur data yang mengelola/memanggil
Mirip seperti sistem operasi desktop, Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreadingmultitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya. Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Namun khusus ini, adanya preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga nampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Untuk itu telah didefinisikan penjadwalan berdasar prioritas tertentu untuk menentukan proses mana yang berjalan terlebih dahulu dan proses apa berikutnya serta berapa banyak waktu akan jadi diberi.
Symbian OS sendiri bukanlah software yang sifatnya open source secara penuh karena meskipun terdapat ketersedian API dan dokumentasinya, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk membuat software yang berjalan di atassistem operasi ini, dipublikasi untuk umum namun tidak untuk kode source sendiri.


B.     Pengembangan/development
Menjadi sebuah platform terbuka, Symbian menawarkan fleksibilitas tak tertandingi dalam desain aplikasi dan kustomisasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan aplikasi perusahaan. Kami tim pengembangan aplikasi Symbian sangat-berkualitas dengan pengalaman dalam mengembangkan, port dan pengujian di semua Platform Symbian S40 seperti, S60, S80 S90 dan UIQ.
Platform Symbian diciptakan oleh penggabungan dan mengintegrasikan aset perangkat lunak disumbangkan oleh Nokia , NTT DoCoMo , Sony Ericsson danSymbian Ltd , termasuk aset Symbian OS pada intinya, S60 platform, dan bagian dariUIQ dan (S) MOAP antarmuka pengguna .
Pada bulan Desember 2008, Nokia membeli Symbian Ltd , perusahaan di belakang Symbian OS, akibatnya, Nokia menjadi kontributor utama untuk kode Symbian, karena memiliki sumber daya maka pembangunan untuk kedua OS Symbian dan inti antarmuka pengguna. Sejak itu Nokia telah mempertahankan repositori kode sendiri untuk pengembangan platform, secara teratur melepaskan perkembangannya ke repositori umum. Symbian dimaksudkan untuk dikembangkan oleh komunitas yang dipimpin oleh Symbian Foundation , yang pertama kali diumumkan pada bulan Juni 2008 dan yang secara resmi diluncurkan pada bulan April 2009. Tujuannya adalah untuk mempublikasikan kode sumber untuk platform Symbian seluruh bawah OSI - dan FSF -disetujui Eclipse Public License (EPL) . Kode diterbitkan dibawah EPLpada 4 Februari 2010;. Symbian Foundation melaporkan peristiwa ini menjadi basis kode terbesar dialihkan ke Open Source dalam sejarah.
Namun, beberapa komponen penting dalam Symbian OS yang berlisensi dari pihak ketiga, yang mencegah dasar dari penerbitan sumber penuh di bawah EPL segera; bukan banyak sumber diterbitkan di bawah Symbian Foundation yang lebih ketat Lisensi (SFL) dan akses ke penuh sumber kode adalah terbatas pada perusahaan anggota saja, meskipun keanggotaannya terbuka untuk setiap organisasi.
Pada bulan November 2010, Symbian Foundation mengumumkan bahwa karena kurangnya dukungan dari anggota dana, itu akan transisi ke sebuah organisasi lisensi-satunya, Nokia mengumumkan akan mengambil alih pengelolaan dari platform Symbian. Symbian Foundation akan tetap pemegang merek dagang dan entitas lisensi dan hanya akan memiliki direktur non-eksekutif yang terlibat.
Pada tanggal 11 Februari 2011, Nokia mengumumkan kemitraan denganMicrosoft yang akan melihatnya mengadopsi Windows Phone 7 untuk smartphone, mengurangi jumlah perangkat yang menjalankan Symbian selama dua tahun mendatang. Sebagai konsekuensinya, penggunaan platform Symbian untuk membangun aplikasi mobile turun dengan cepat. Sebuah Juni 2011 penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 39% dari pengembang mobile menggunakan Symbian pada saat publikasi, berencana untuk meninggalkan platform.
Dengan April 5, 2011, Nokia berhenti untuk open source setiap bagian dari perangkat lunak Symbian dan mengurangi kolaborasi untuk sebuah kelompok kecil pra-dipilih mitra di Jepang. Source code dirilis di bawah EPL tetap tersedia di repositori pihak ketiga.
Versi Symbian :
Rilis Symbian bergaya Symbian ^ 1, Symbian ^ 2 dsb (Vocalised sebagai "Symbian satu", "Symbian dua").
Symbian ^ 1, menjadi rilis pertama, membentuk dasar untuk platform. Ini menggabungkan Symbian OS dan S60 Edisi 5 (yang dibangun pada Symbian OS 9.4) dan dengan demikian itu tidak dibuat tersedia di open source .
Symbian ^ 2 adalah bebas royalti pertama versi Symbian. Sementara bagian dari Symbian ^ 2 adalah EPL berlisensi, sebagian dari kode sumber di bawah lisensi proprietary dan SFL tersedia hanya untuk anggota Symbian Foundation. Pada tanggal 1 Juni 2010, sejumlah perusahaan Jepang termasuk DoCoMo dan Sharp mengumumkan smartphone menggunakan Symbian ^ 2.
Symbian ^ 3 diumumkan pada 15 Februari 2010. Hal ini dirancang untuk menjadi platform smartphone 'generasi berikutnya' lebih. Symbian ^ 3 rilis memperkenalkan fitur baru seperti 2D baru dan grafis 3D arsitektur, UI perbaikan, dan dukungan untuk menampilkan eksternal melalui HDMI. Ini memiliki menu tekan tunggal dan sampai tiga homescreens disesuaikan. Symbian ^ 3 SDK (Software Development Kit) dirilis bulan September 2010. Sepuluh smartphone dengan sistem operasi Symbian 3 ^ (atau diperbaharui nya Belle Anna dan varian) telah dirilis sejauh ini, sedangkan Nokia N8 ,Nokia C6-01 , Nokia E7-00 , Nokia C7-00 , Nokia E6 , Nokia X7 , Nokia 500 ,Nokia 600 , Nokia 603 , Nokia 700 , dan Nokia 701 .
Symbian ^ 4 diharapkan akan dirilis pada semester pertama tahun 2011. Namun, Nokia mengumumkan pada bulan Oktober 2010 bahwa Symbian ^ 4 tidak akan kapal dalam rilis terpisah. Sebaliknya, banyak dari UI perangkat tambahan direncanakan untuk Symbian ^ 4 akan dirilis sebagai update untuk Symbian ^ 3.
Symbian Anna update untuk Symbian ^ 3, dirilis oleh Nokia pada bulan April 2011 sebagai bagian dari peluncuran smartphone X7 dan E6. Symbian Anna meliputi perbaikan seperti browser baru, keyboard virtual dalam orientasi potret, ikon baru dan real-time bergulir homescreen. Pada tanggal 18 Agustus 2011, Nokia membuat Symbian Anna update yang tersedia untuk pemilik N8, E7 C7 dan C6-01 model sebagai pembaruan perangkat lunak (melalui OTA memperbarui dan Nokia Software Updater / Nokia Ovi Suite aplikasi PC).
Symbian Belle update untuk Symbian Anna. Pada musim panas 2011 video yang menunjukkan versi awal bocor Belle berjalan pada Nokia N8 diterbitkan di YouTube. Pada tanggal 24 Agustus 2011, Nokia mengumumkan Belle resmi untuk 3 smartphone baru, Nokia 600 , Nokia 603 , Nokia 700 , dan Nokia 701 . Mereka juga mengumumkan bahwa Belle akan datang kepada semua yang ada Symbian ^ 3 perangkat pada kuartal keempat tahun 2011. Symbian Belle menambah perbaikan Anna dengan status pull-down / bar pemberitahuan, lebih dekat bidang komunikasiintegrasi, bentuk-bebas yang cukup besar kembali homescreen widget, dan enam homescreens bukan tiga sebelumnya.

C.      Fitur-fitur
         1.         Antarmuka pengguna
Symbian telah memiliki toolkit grafis asli sejak awal, yang dikenal sebagai AVKON (sebelumnya dikenal sebagai Series 60 ). S60 dirancang untuk menjadi dimanipulasi oleh metafora keyboard-seperti antarmuka, seperti keypad ditambah ~ 15-tombol telepon, atau mini-QWERTY keyboard. AVKON berbasis perangkat lunak biner-kompatibel dengan versi Symbian sampai dengan dan termasuk Symbian ^ 3.
Symbian ^ 3 mencakup kerangka Qt , yang sekarang direkomendasikan antarmuka pengguna toolkit untuk aplikasi baru. Qt juga dapat diinstal pada perangkat Symbian yang lebih tua.
Symbian ^ 4 direncanakan untuk memperkenalkan kerangka kerja GUI perpustakaan baru khusus dirancang untuk antarmuka berbasis sentuhan, yang dikenal sebagai "Ekstensi UI untuk Mobile" atau UIEMO (proyek nama internal "Orbit"), yang dibangun di atas Qt; pratinjau dirilis pada Januari 2010, namun pada bulan Oktober 2010 Nokia mengumumkan bahwa Orbit / UIEMO telah dibatalkan.
Nokia saat ini merekomendasikan bahwa pengembang menggunakan Qt Cepat dengan QML , tingkat tinggi baru GUI dan kerangka scripting untuk menciptakan interface touchscreen visual yang kaya yang memungkinkan pembangunan untuk kedua Symbian dan MeeGo , melainkan akan dikirimkan ke Symbian ^ 3 sudah ada perangkat sebagai update Qt. Ketika aplikasi lebih secara bertahap fitur user interface ulang di Qt, warisan S60 kerangka (AVKON) akan usang dan tidak lagi disertakan dengan perangkat baru di beberapa titik, sehingga melanggar biner kompatibilitas dengan aplikasi S60 yang lebih tua.
         2.         Browser
Symbian ^ 3 dan sebelumnya memiliki asli WebKit berbasis browser yang, memang, Symbian adalah platform mobile pertama untuk menggunakan WebKit (pada bulan Juni 2005). Beberapa model memiliki lebih tua Symbian Opera Mobilesebagai default browser mereka. Nokia merilis browser baru dengan rilis dari Symbian Anna dengan kecepatan ditingkatkan dan user interface yang ditingkatkan.
         3.         Aplikasi pengembangan
Dari 2010, Symbian beralih menggunakan standar C + + dengan Qtsebagai SDK, yang dapat digunakan dengan baik Qt Pencipta atau Carbide. Qt mendukung Symbian S60 3rd tua dan edisi 5, serta platform Symbian baru. Ini juga mendukung Maemo dan MeeGo , Windows, Linux dan Mac OS X. Alternatif pengembangan aplikasi dapat dilakukan dengan menggunakan Python (lihat Python untuk S60 ), Adobe Flash atau Java ME .
Symbian OS yang sebelumnya digunakan khusus Symbian C + + versi bersama dengan Carbide.c + + lingkungan pengembangan terpadu (IDE) sebagai lingkungan pengembangan aplikasi asli. Web Runtime (WRT) adalah sebuah kerangka aplikasi portabel yang memungkinkan membuat widget pada platform S60 , itu adalah ekstensi untuk S60 WebKit berbasis browser yang memungkinkan meluncurkan beberapa contoh browser sebagai aplikasi JavaScript yang terpisah.

D.      Dukungan (vendor, handheld, software aplikasi dll)
            1.         Browsing
WAP stack disediakan dengan dukungan untuk WAP 1.2.1 untuk mobile browsing
            2.         Pesan
Pesan multimedia (MMS), pesan ditingkatkan (EMS) dan SMS; internet mail menggunakan POP3, IMAP4, SMTP dan MHTML, lampiran dan fax
            3.         MultimediaAudio dan dukungan video untuk merekam, pemutaran dan streaming; gambar
konversi
            4.         Grafis
akses langsung ke layar dan keyboard untuk kinerja tinggi; grafis
akselerator API
.
            5.         Sinkronisasi data
Over-the-air (OTA) sinkronisasi dukungan menggunakan SyncML; berbasis PC
sinkronisasi melalui serial, Bluetooth, Infrared dan USB; PC
Konektivitas kerangka memberikan kemampuan untuk mentransfer file dan
menyinkronkan data PIM.
            6.         Security
penuh enkripsi dan manajemen sertifikat, protokol yang aman (HTTPS, WTLS dan SSL dan TLS), WIM kerangka kerja dan berbasis sertifikat instalasi aplikasi.
            7.         Konten
konten pilihan pembangunan meliputi: C + +, Java (J2ME) MIDP 2.0 dan PersonalJava 1.1.1a (dengan pilihan 1,0 JavaPhone), dan WAP, alat yang tersedia untuk membangun C + + dan Java dan ROM dengan dukungan untuk on-target debugging
            8.         Input User
Masukan generik mekanisme yang mendukung keyboard lengkap, 0-9 * # (numerik tombol telepon selular), suara, tulisan tangan pengakuan dan
Input teks prediksi 2,1
E.       Pengguna
45% pemilih merupakan pengguna Symbian. Seperti yang kita ketahui, Symbian merupakan OS yang sudah cukup lama masuk ke pasar Indonesia, yang tentunya menyebabkan Symbian menjadi OS yang paling banyak digunakan saat ini. Hal ini diperkuat lagi dengan hasil laporan AdMob mengenai Trafik Smartphone  di Indonesia – Oktober 2009 beberapa waktu lalu. Banyaknya aplikasi untuk Symbian merupakan salah satu alasan mengapa OS ini banyak digemari / digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar