SELECT LANGUAGE

Senin, 01 Desember 2014

Manfaat dan Kandungan Tempe


Siapa yang tidak kenal dan suka dengan tempe? Suatu makanan yang sebenarnya berwarna putih ini (karena kandungan miselia kapang) merupakan salah satu makanan favorit di Nusantara. Tempe terbuat dari biji kedelai yang difermentasi dengan beberapa jenis kapang Rhizopus. Kapang Rhizopus yang sering digunakan diantaranya Rhizopus oryzae dan Rhizopus oligosporus. Kapang ini sering dikenal dengan ragi tempe. Secara umum tempe menjadi salah satu makanan kegemaran karena selain mudah dicerna oleh tubuh manusia, juga mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Revolusi Ilmiah - Tempe menjadi makanan favorit

Kandungan Tempe

Setelah kita mengetahui asal pembuatan tempe, perlu juga kita mengetahui tentang kandungan yang ada dalam tempe. Dalam tempe terdapat :
  1. Serat Pangan
  2. Karbohidrat
  3. Zat Besi
  4. Zat Keratin
  5. Kalsium
  6. Protein Nabati

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

Dari kandungan tersebut, kita dapat mengetahui beberapa manfaat tempe untuk kesehatan. Sehingga mengapa tidak hanya di Negara Indonesia saja tempe ini diproduksi, bahkan di Negara Maju pun memanfaatkan tempe sebagai salah satu pilihan makan mereka.

Revolusi Ilmiah - Tempe untuk kesehatan

  1. Memberikan rasa kenyang. Serat Pangan yang terkandung dalam tempe menjadikan kita kenyang, zat itulah yang merupakan salah satu zat pengenyang untuk tubuh, sehingga apabila seseorang dalam kondisi lapar, dengan pemberian tempe dapat membantu mengenyangkan.
  2. Membantu memenuhi kebutuhan tenaga tubuh. Karbohidrat merupakan bahan bakar tubuh untuk memperoleh tenaga. Dengan tercukupinya kebutuhan karbohidrat ini maka seseorang akan dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Tempe adalah salah satu pilihan.
  3. Mencegah Anemia. Anemia atau kurang darah salah satunya disebabkan oleh kekurangan zat besi. Zat besi dalam tempe dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Konsumsi tempe dengan rutin dapat mencegah terjadinya anemia akibat kekurangan zat besi.
  4. Mengencangkan kulit. Kulit yang kencang salah satunya disebabkan karena kebutuhan keratin yang cukup dalam kulit, sebaliknya kulit yang keriput disebabkan karena kandungan keratin dalam kulit kurang. Tempe mengandung keratin, yang dapat membantu memenuhi kebutuhan keratin tersebut.
  5. Mencegah pengeroposan tulang. Pengeroposan tulang sering terjadi pada orang lanjut usia (Lansia), baik karena usia maupun karena kekurangan zat kalsium dalam tulang. Untuk mencegah pengeroposan yang terjadi dengan cepat maka konsumsi tempe dapat membantunya.
  6. Mencegah pengerusakan sel. Kandungan protein nabati yang tinggi dalam tempe menjadikan tempe menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi protein tersebut. Kita mengetahui bahwa salah manfaat protein adalah mencegah terjadinya pengrusakan sel serta pembentukan sel dalam tubuh. Dengan tercukupinya protein tersebut maka sel-sel dalam tubuh tidak mudah rusak dan kebutuhan akan pembentukan sel dapat terpenuhi dengan baik.

Demikian kandungan dan manfaat dari tempe. Bangsa Nusantara telah lama mengkonsumsi salah satu makanan yang banyak manfaatnya untuk kesehatan, salah satunya tempe. Oleh karena itu mari kita lestarikan budaya leluhur ini dengan cara membiasakan secara rutin mengkonsumsinya dan membuat kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan dan membudayakan makanan asli Nusantara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar