SELECT LANGUAGE

Selasa, 09 Desember 2014

Resiko Terlalu Lama di Depan Komputer

Kerja depan komputer

Komputer kini sudah menjadi kebutuhan utama dalam melaksanakan pekerjaan, bahkan dengan komputer orang bisa saling berbagi informasi, hingga menjual produk yang diproduksi baik perorangan maupun industri. Semakin pentingnya fungsi komputer dalam menunjang kerja saat ini, membuat seseorang semakin sering menghadapinya. Bahkan, ada bidang khusus yang membuat pekerjaan seseorang sejak pagi hingga malam hari hanya menghadapi komputer saja.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas di luar negeri, ternyata duduk terlalu lama di depan komputer dapat menimbulkan berbagai penyakit. Seperti yang beritakan oleh  http://boenesaja.blogspot.com, ternyata  orang-orang yang bekerja selama lebih dari satu dekade di depan komputer, dua kali lebih besar terkena kanker usus. Tapi bukan hanya itu resiko yang diakibatkan sepanjang hari di depan komputer.
Bahkan, Para ilmuwan telah mengatakan, pekerjaan di depan komputer sama berbahayanya dengan mereka para perokok. Selain itu, ada 10 risiko yang akan dihadapi oleh mereka yang sehari-hari bekerja menghadapi komputer. Yaitu, kanker usus, serangan jantung, kerusakan mata, penggumpalan darah, gemuk, sakit punggung, sakit kepala, dimensia (penurunan daya ingat), radiasi listrik, dan bahaya keyboard.
Untuk kanker usus, hal diketahui setelah dilakukan penelitian kalau seseorang yang  sepuluh tahun bekerja di depan PC, maka hampir dua kali lipat resiko kanker usus. Sebuah studi oleh University of Western Australia menemukan bahwa salah satu faktor utama adalah tidak aktifnya kita dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, semakin aktif kita, semakin kita dapat membantu mengurangi resiko.
Serangan jantung, para ahli jantung percaya, jumlah waktu yang dihabiskan orang menatap layar memiliki hubungan langsung dengan kesehatan jantung. Mereka yang bekerja 11 jam sehari dapat meningkatkan resiko penyakit jantung sebesar 67 persen, kata peneliti di University College London.
Kerusakan Mata, monitor mengeluarkan radiasi yang berbahaya bagi mata kita, biasanya diawali mata pedih dan lama kelamaan pandangan mata menjadi kabur.
Penggumpalan darah, studi menunjukkan, duduk terlalu lama di depan komputer membuat resiko terkena Trombosis Vena Dalam atau deep vein thrombosis lebih besar.
Gemuk, para ahli di Australia menemukan, mereka yang duduk untuk waktu yang lama memiliki lingkar pinggang lebih besar dan lebih tinggi tingkat kolesterol jahat. Peneliti utama Dr Genevieve Healy, dari University of Queensland, mengatakan: "Bahkan pergerakan yang kecil, seperti berdiri selama satu menit, dapat membantu untuk menurunkan resiko ini."
Sakit punggung, terlalu lama membungkuk di komputer, membuat anda lebih riskan terkena resiko ini.
Sakit Kepala, pencahayaan fluorescent tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, yang bisa menyebabkan sakit kepala dan ketegangan mata. Menatap layar komputer menyebabkan masalah serupa.
Demensia / Penurunan Daya Ingat, kerja di depan komputer dari pagi hingga sore telah dihubungkan dengan demensia. karyawan yang bekerja lebih dari 55 jam seminggu memiliki daya ingat lebih rendah dibandingkan dengan kurang dari 41 jam.
Radiasi Listrik, banyak peralatan kantor yang menggunakan listrik. Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa ketika para pekerja merasa gatal itu adalah efek debit listrik.
Bahaya Keyboard, studi menunjukkan, keyboard komputer merupakan tempat banyak bakteri yang lebih berbahaya dari toilet. Ahli Mikrobiologi, Dr Peter Wilson mengatakan keyboard sering kontak langsung dengan hidung dan saluran pencernaan Anda".
Dari sepuluh risiko duduk terlalu lama di depan komputer tersebut, kini kita dapat mengantisipanya dengan memberikan waktu kepada tubuh kita untuk istirahat agar tidak selalau menatap computer. Selain itu, dengan menyadari pentingnya arti kesehatan, maka berolah raga dan makan makanan yang sehat akan membuat kita tetap bugar dan sehat. Dan, jika memang diperlukan ada baiknya kita mengkonsumsi vitamin atau penambah daya tahan tubuh, seperti Gentong Mas, yang memiliki banyak manfaat baik untuk penyembuhan, maupun untuk menjaga daya tahan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar