SELECT LANGUAGE

Sabtu, 26 November 2016

Makanan Penyebab Batu Ginjal

1. Kafein

Minuman berkafein memang nikmat, namun jika berlebihan dapat menyebabkan batu ginjal. Kenapa demikian? Karena minuman berkafein dapat meningkatkan kadar kalsium dalam urine sehingga memberatkan kinerja ginjal. Minuman berkafein yang harus dibatasi, antara lain : teh, kopi dan soda.
2. Pemanis buatan

Penelitian menyebutkan, jika mengonsumsi pemanis buatan dalam jangka panjang dapat merusak fungsi ginjal. Oleh karena itu, usahakan gunakan

3. Daging

Kandungan protein dan asam urat dalam daging dapat memicu pembentukan batu ginjal yang lama-kelamaan dapat sebabkan kerusakan pada ginjal. Kenapa demikian? Limbah protein dan asam urat sangat sulit dikeluarkan oleh ginjal. Oleh karena itu, batasi konsumsi daging dan perbanyak buah dan sayur yang lebih menyehatkan.
pemanis alami yang lebih baik dan ramah untuk tubuh, contohnya : madu.

4. Makanan asin

Sering mengonsumsi makanan yang mengandung sodium kurang b aik untuk kesehatan ginjal, karena sodium memicu terbentuknya batu ginjal. Oleh karena itu, hindari makanan yang mengandung banyak garam.

5. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi memang menyegarkan tubuh untuk sementara, namun kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. DIantara minuman berkarbonasi yang harus dibatasi atau dihindari, antara lain :minuman bersoda, minuman energi, dan jus kemasan.

6. Makanan kaya purin

Mengonsumsi makanan tinggi purin dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. Diantara makanan yang kaya purin, antara lain : sarden, kuning telur, daging, dan lain sebagainya.

7. Produk susu

Kalsium tinggi memang baik untuk tulang, namun bagi Anda yang memiliki masalah pada ginjal, kalsium bisa menjadi musuh terbesar Anda. Kenapa demikian? Karena kalsium dapat menyebabkan meningkatnya ekskresi kalsium pada urin sehingga limbahnya sulit dibuang dan memicu penumpukan batu ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar