SELECT LANGUAGE

Jumat, 20 September 2013

MELATIH KONSENTRASI


Konsentrasi merupakan salah satu hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Mengapa demikian ? karena pada dasarnya konsentrasi selalu memiliki hubungan erat dengan kehidupan sehari-hari. Misal ketika belajar disekolah, bekerja, atau apapun itu kosentrasi otak sangatlah dibutuhkan karena dengan berkonsentrasi pada apa yang sedang kita lakukan akan membuat kita fokus terhadap target yang telah direncanakan sebelumnya.

Cara Mudah Melatih Konsentrasi
Pada umumnya, konsentrasi hanya berlaku dalam jangka waktu yang pendek karena biasanya seseorang konsentrasi seseorang sering buyar dalam keadaan waktu yang lama. Kurangnya konsentrasi dalam pekerjaan dapat mengganggu target yang telah dipikirkan sebelumnya. Akibatnya, waktu yang telah kita miliki tidak dapat kita gunakan secara maksimal.

Konsentrasi terhadap suatu pekerjaan memang tidaklah sulit dan juga tidak terlalu mudah, untuk itu penting bagi kita dalam melatihnya. Bagaimana cara mudah melatih konsentrasi otak kita ? pada artikel ini kami akan membahas beberapa langkah mudah yang bisa digunakan guna untuk melatih konsentrasi otak kita.

Cara mudah untuk melatih konsentrasi bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini :
  • Fokus

    Konsentrasi berarti  Anda dapat memfokuskan pikiran pada satu hal. Konsentrasi mencakup konsentrasi dalam tulisan dan menyelesaikan tugas, pekerjaan dan masalah. Apapun aktivitas Anda, di perlukan untuk focus agar cepat menyelesaikannya dan hasil memuaskan. Anda akan kehilangkan konsentrasi bila Anda menghadapi satu tugas dan di ganggu tugas lain dalam waktu bersamaan. Jadi jelas, untuk bisa konsentrasi Anda harus berhenti mencoba melakukan beberapa hal secara bersamaan.

  • Mengontrol Pikiran

    Batu sandungan yang utama terhadap konsentrasi adalah gangguan yang tidak diinginkan yang muncul dalam pikiran kita. Gangguan ini akan menghalangi usaha kita untuk mencapai konsentrasi penuh. Solusi satu – satunya adalah belajar untuk mengontrol dan menenangkan pikiran kita. Namun sering kali semakin kuat kita menolak gangguan yang masuk, malah semakin kuat gangguan itu di pikiran kita. Karena kita memang tidak punya pilihan untuk menerima dan menolak pikiran.

  • Membiasakan Diri Tetap Rileks

    Ada banyak cara teknik mengontrol pikiran untuk bisa rileks, sebenarnya untuk bisa rileks yang perlu Anda lakukan adalah konsentrasi. Anda harus membagi waktu dalam keseharian Anda. Ada wktu untuk kerja dan santai. Teknik mengontrol pikiran ini bisa Anda lakukan misalnya dengan  meditasi, yoga, tai chi, dan  melakukan ibadah yang sesuai dengan aturan atau agama yang dianut.

  • Praktek

    Konsentrasi adalah merupakan suatu aktivitas. Tentu saja, semakin kita praktekkan dan kita latih, akan semakin baik pula kemampuan konsentrasi kita. Konsentrasi adalah seperti otot tubuh, semakin kita melatihnya, maka akan semakin kuat pula jadinya. Memang tidak ada latihan khusus yang spesifik untuk konsentrasi, namun hidup memberikan begitu banyak kesempatan bagi kita untuk melatih konsentrasi. Kuncinya adalah untuk selalu berusaha dan berlatih terus menerus  untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi.

  • Jaga Kondisi Fisik

    Kekuatan konsentrasi bergantung kepada kondisi fisik Anda. Apabila Anda merasa lelah atau kurang fit, konsentrasi akan menjadi lebih sulit.
Kunci utama untuk mendapatkan konsentrasi adalah dengan berlatih dan terus berlatih karena hanya dengan demikianlah kita akan terbiasa dengan apa yang telah kita lakukan. Itulah beberapa tips atau cara mudah melatih konsentrasi yang bisa kita lakukan. Dengan demikian berakhir sudah pembahasan kita kali ini mengenai bagaimana cara melatih konsentrasi kita.

3 komentar:

  1. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    BalasHapus
  2. dengan berkonsentrasi dan fokus kita lebih mudah untuk berpikir kreatif. Terimakasih

    BalasHapus
  3. Cari Tiket Pesawat Murah?,Booking di sell tiket aja!
    Dapatkan segera hanya di SELL TIKET.com tiket termurah. Klik disini:
    selltiket.com
    Booking langsung tanpa antri..
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA Di Jamin Murah!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085363402103
    PIN : D364EDCB

    BalasHapus