SELECT LANGUAGE

Jumat, 27 September 2013


●Pertanyaan 1
Dapatkah hewan daerah taiga menghuni daerah padang rumput?
Jawab :
Bisa. Karena kebanyakan tumbuhan di daerah taiga yang dapat dikonsumsi oleh hewan, dapat ditemui pula di daerah padang rumput. Sebagai contohnya semak-semak yang jarang ditemui di daerah taiga, dapat ditemui di daerah padang rumput. Pohon-pohon di daerah taiga mempunyai daun yang berbentuk seperti jarum dan mempunyai zat lilin dibagian luarnya sehingga tahan terhadap kekeringan. Kondisi tersebut menyebabkan hanya sedikit hewan yang dapat hidup di daerah taiga. Sebaliknya, di daerah padang rumput banyak terdapat rumput dan semak-semak yang dapat dikonsumsi oleh hewan. Banyak pula hewan lain di daerah padang rumput yang dapat dimakan oleh karnivora dari hewan daerah taiga.
●Pertanyaan 2
Mengapa jenis hewan pada wilayah Indonesia bagian barat, bagian tengah, dan bagian timur berbeda-beda? Jelaskan penyebabnya.
Jawab :
Karena pada zaman es terakhir di Indonesia bagian barat terdapat daratan Sunda yang terhubung ke benua Asia dan memungkinkan hewan Asia berpindah ke bagian barat Indonesia. Di bagian timur Indonesia, terdapat daratan Sahul yang terhubung ke benua Australia dan memungkinkan hewan Australia berpindah ke bagian timur Indonesia. Pada bagian tengah terdapat pulau-pulau yang terpisah dari kedua benua tersebut. Sehingga hewan-hewan dari tiga bagian Indonesia tersebut berbeda, karena pada dasarnya ketiga bagian tersebut memang sudah terpisah oleh lautan semenjak zaman es terakhir.
●Pertanyaan 3
Mengapa jenis tumbuhan pada wilayah Indonesia bagian barat, bagian tengah, dan bagian timur berbeda-beda? Jelaskan penyebabnya.
Jawab :
Karena pada dasarnya ketiga bagian Indonesia tersebut memang sudah terpisah semenjak zaman es terakhir, sehingga persebaran tumbuhannya sudah terpisah sejak dulu. Selain itu keadaan tanah juga turut mempengaruhi perbedaan tumbuhan di ketiga bagian Indonesia tersebut. Keadaan tanah mempengaruhi jenis tumbuhan di ketiga bagian Indonesia karena kadar kimia, kadar air pada tanah, struktur dan tekstur tanahnya berbeda-beda pada setiap daerah.

1 komentar: