SELECT LANGUAGE

Sabtu, 26 Oktober 2013

Benteng Terbesar Di Dunia Ada Di Indonesia


Ternyata Indonesia mempunyai wisata yang masuk dalam Rekor Dunia sob. Benteng Keraton Buton dinobatkan oleh Guiness Book of Record sebagai Benteng Terbesar di Dunia pada tahun 2006. Sesuai dengan namanya, benteng ini terletak di Buton. Buton sendiri terletak di Sulawesi Tenggara. 


Benteng Keraton Buton merupakan bekas ibukota Kesultanan Buton. Benteng ini memiliki bentuk arsitek yang cukup unik, terbuat dari batu kapur/gunung. Benteng yang berbentuk lingkaran ini dengan panjang keliling 2.740 meter. Benteng Keraton Buton dibangun pada abad ke-16 oleh Sultan Buton III bernama La Sangaji. Le Sangaji ingin membuat pagar pembatas antara komplek istana dengan perkampungan masyarakat sekaligus sebagai benteng pertahanan. 


Ada 12 pintu pada benteng keraton yang masing-masing memiliki meriam dengan bangunan seperti bungalow. Angka 12 menurut keyakinan masyarakat mewakili jumlah lubang pada tubuh manusia, sehingga benteng keraton diibaratkan sebagai tubuh manusia. 


Konon ada satu pintu rahasia yang menjadi tempat persembunyian Arung Palaka. Dari Benteng Keraton Buton ini kita bisa melihat kecantikan kota Buton. 


Jika mengunjungi tempat ini kita akan disajikan pemandangan yang indah dari masing-masing pintu gerbang. Wisatawan mancanegara juga banyak yang tertarik dengan wisata sejarah ini. So Ladies, jangan lupa untuk berwisata sejarah sekaligus mengunjungi benteng terbesar di dunia jika berada di Sulawesi Tenggara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar